Minggu, 03 Februari 2013

Tips Jadi Caleg Sukses


            Februari kakak.. yup tulisan ini dibuat pada bulan Februari di kala hujan masih deras turun ke bumi.. dan malam minggu masih menjadi monster bagi orang yg berjalan sendiri di pusat keramaian.. hehehehe... kali ini gue mau nulis tentang caleg.. yup cara jadi Calon  Legislatif yaitu wakil rakyat di DPR atau di DPRD tingkat I dan II tentunya dengan gaya khas gue ya.. SO... jangan terlalu serius bacanya ya.. biar santai bacanya sambil nyirih aja biar gigi kuat perkasa :D
            
           Apa diantara kalian ada yg berminat terjun ke dunia politik?.. mau mewakili rakyat di jalur politik, mau berada di parlemen?... yuk kalau itu yg dicari anda baiknya nyaleg, tapi sebelum nyaleg pastikan anda punya kendaraan politik dulu.. kendaraan politik bukan sejenis angkot apalagi sejenis odong-odong.. kendara politik itu Partai.. pada pemilu 2014 ada 10 partai, tuh pilih dah salah satunya sesuai hobi dan cita-citanya..

           Setelah elu masuk ke dalam partai politik dan sukses menjadi caleg, gue punya tips agar kampanya elu sukses, menarik simpati masyarakat, dipilih banyak masyarakat dan  syukur-syukur dapat zakat fitrah.  mau tau tipsnya ?.... mau tau aja atau mau tau banget ?.... ini dia:

1. TIM SUKSES 

             Setelah elu dipastikan jadi caleg, yg pertama elu lakukan adalah buatlah tim sukses, iya tim sukses, bukan hanya masalah cari jodoh aja butuh tim sukses.. jadi caleg juga butuh tim sukses, nah dalam memilih tim sukses tentukan dulu segmen masyarakat yang akan elu bidik, contohnya kaya orang bikin stasiun radio mereka akan menentukan segmen pendengarnya biar fokus dan tepat sasaran.
             kalau memilih tim sukses, elu harus yakin betul kalau tim sukses elu handal dan bisa menjual nama elu dgn baik.. cara dia berkomunikasi  kepada masyarakat itu penting, cara penyampaiannya dan pastinya orangnya ulet, elu bisa ambil orang untuk jadi tim sukses elu dari seles kartu kredit atau seles MLM, karena orang yg berkerja di dua bidang itu orang-orang yg hebat dalam berjualan dan mengejar target dan sasaran. gue jamin elu mendapatkan tim sukses yg handal dan berstandar ISO ^_^

 2. MEDIA PUBLIKASI 

            Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak dipinang itu ungkapan gue kutip dari bungkusan permen kojek yang kadaluarsanya tinggal 1 hari lagi, merujuk dari pernyataan itu elu harus memperkenalkan diri pada masyarakat calon pemilih.. agak sulit kalau elu datangin satu-satu rumahnya.. karena gue takut ketika elu ketuk pintu disiram air atau langsung ketemu sama binatang imut yg hobi mengigit itu.. gunakan media tuk mempromosikan diri, buat account FB dan Twitter (contoh namanya Suep_cemungut_eaaa atau Suep_caleg_unyu_celalu) pasang foto terganteng yang elu punya
           FB dan Twitter sangatlah lom cukup tuk memperkenalkan elu sebagai caleg, gunakan media lain seperti memasang spanduk, baliho, pasang iklan, dll.. buat iklan semenarik mungkin, munculkan kelebihan anda dalam media publikasi tersebut, misalnya seperti dibawah ini:


     














atau misalnya "membebaskan para jomblo dari belenggu malam mingguan" mungkin juga "calam P3rju4n6an eaaa" atau apalah yg menarik dan berkesan, pasang media publikasi elu ditempat-tempat yang banyak dikunjungi orang, contohnya di pasar, depan sekolah TK dan SD, toilet umum atau tempat sampah pokoknya yang rame deh ya.. jgn takut rugi kala mempromosikan diri, keluarkan dana terbaik anda, tuk itu jual tanah kalau perlu atau pinjam uang ya #provokasi
           
           kalau memang punya dana lebih gunakan media koran, TV, kalau perlu puter iklan kita di bioskop-bioskop dan  layar tancep kesayangan anda, dijamin elu mendadak terkenal mengalahkan artis-artis ibu kot.

3. TURUN KE MASYARAKAT

              Setelah orang liat publikasi kita, pastikan elu menampakkan diri ke masyarakat calon pemilih... silaturahmi, bikin kegiatan bakti sosial (bisa pengobatan gratis atau apapun).. bersosialisasilah biar masyarakat kenal elu, kenal program elu,  bisa minta foto bareng, makan kacang bareng.. orang bisa curhat sama elu, ya kalau pun gagal nyaleg ,elu bisa gantiin mamah dedeh lah

4. JANJI-JANJI YANG MEMPESONA

    Nah ini yang penting banget, orang akan memilih kalo tau program yang akan kita perjuangkan dalam parlemen nantinya, buat yg menarik sesuai dengan kebutuhan masyarakat banyak, khususnya yang dikeluhkan masyarakat.. bilang "SAYA AKAN PERJUANGKAN HAK-HAK BAPAK DAN IBU JIKA SAYA TERPILIH NANTI",  berikut ini contoh program yang bisa dijadikan pembicaraan ketika berkampanye nanti:
- Memperjuangkan gratis biaya pendidikan
- kesejahteraan meningkat
- indonesia bebas jomblo
- Mal khusus kaum alay
- tiket makan gratis di warteg-warteg kesayangan anda
- dll

bikin janji jangan terlalu muluk misalnya "JIKA SAYA JADI ANGGOTA DEWAN SAYA MENGUSULKAN PEMBUATAN JALAN KE BULAN" serius itu susah banget apalagi cari kontraktor untuk buat jalanan ke bulannya..

 nah itu beberapa tips yang bisa elu gunakan ketika mau terjun ke dunia politik jadi Caleg, pastikan anda berkantong tebal dan tidak mudah stresssss... karena nyaleg lom tentu jadi caleg, wong kursi terbatas, pendaftar segunung, ya wajar banyak yg berguguran.. banyak loh caleg gagal dan jadi stress, galau minta uang yg dah dikeluarkan tuk dikembalikan.. makanya kudu kuat ilmu ikhlasnya ya.. apa yg keluar kalau diniatkan membantu jadi pahala loh, kalau engga ya jadi nasib aja hehehehe.... met berjuang ditahun 2014 nanti


@Brohari 



 


4 komentar:

Mega Rachmani mengatakan...

Yang pasti, saya tidak akan menjadikan bro hari menjadi tim sukses saya untuk 2o14, secara klo nulis berbagai artikel ataupun selebaran, ga' pernah bener. Gimana klo bikin spanduk atau baliho besar ^_^.. hahahhahaha...

Hari Saputra mengatakan...

dukung dong plizzz.. hahaha

muhammad syamsul bachri st mengatakan...

terimakasih ya allah swt atas saran

Sandra Sunarno mengatakan...

jiaaaaaah brohari bisa aja. gak seperti itu kok klo mau jd caleg. tapi kalau caleg bermisi indonesia bebas jomblo dan bebas utk beralay ria,bs dopastikan banyak yg memilih (^o^)/ hidup caleg muda,kuat,bergairah spt baleho yg dipublish itu.btw ternyata bro hari sdh resmi jd caleg?itu sdh punya baleho... heeee

Poskan Komentar

Pages