Sunday, August 9, 2015

6 Februari 2015

China Art Museum
Skala Bangunan
Setelah beres-beres dan packing, saya bersiap-siap untuk chek out hostel. Kereta api saya menuju ke Guangzhou berangkat sekitar jam 4 sore. Jadi saya masih memiliki waktu untuk jalan-jalan di Shanghai daripada duduk membusuk menunggu kereta sampai jam 4 sore. Saya menitip tas saya di penitipan dekat stasiun agar mudah mengambilnya, dari pada saya menitipnya di hostel sangat jauh untuk menjemputnya kembali dan butuh waktu yang lama, apalagi jam 4 sore itu adalah rush hour. Titip tas di stasiun ini kena charge 30 yuan untuk satu hari nya, mahal sih memang daripada harus bolak balik hostel yang jaraknya cukup jauh.

Setelah sarapan di restoran fast food stasiun saya memutuskan mengunjungi Expo lagi. Mengingat cuaca hari ini sangat cerah dan saya kemarin belum sempat eksplor daerah sana lebih jauh. Saya menaiki metro dan berhenti di Stasiun China Art Museum. Begitu keluar dari stasiun saya lansung menuju ke museum dengan bentuk bangunan yang sangat unik ini. Dulu waktu Wolrd Expo 2010, bangunan ini digunakan sebagai paviliunnya China. Bentuknya sangat unik, sesuai dengan yang saya baca di web, mereka mengklaim pavilion ini sebagai pavilion terbesar dan termegah saat Expo. Dan sekarang menjadi salah satu museum terbesar di asia. Bentuk bangunannya sendiri terinspirasi dari Ancient Oriental Crown 'Mahkota Kerajaan'. Mahkota ini sendiri melambangkan keunikan, persatuan dan kekuatan. Karena dibangun dengan gaya arsitektur modern, bangunan ini sudah menerapkan sustainable design dan memiliki green rooftop

Beberapa Lukisan Di Dalam Museum
Saya memasuki museum ini tanpa dipungut biaya alias gratisssss. Begitu mendekati pintu masuk bangunan ini kita langsung disambut oleh tangga yang sangat megah dan memang skala bangunannya juga sudah terasa megah dari dekat. Karena judulnya Museum Seni, barang barang yang dipajang di dalam sini adalah macam-macam karya seni dari bebagai penjuru China. Ada juga sekelumit menjelaskan tentang sejarah dan budaya China. Selain Exsebisi dan pameran di dalam bangunan ini juga ada cafe dan toko souvenirnya. Jadi pengunjung tidak akan bosan kalau berkunjung ke sini.

Mercedes Benz Arena

Setelah dari museum saya bergerak kebangunan sebelahnya, Mercedes Benz Arena. Bangunan berbentuk ufo ini difungsikan sebagai mall dan gedung pertunjukan. Di lantai paling atas terdapat bioskop yang menayangkan filim-filin terkini. Di sebelah gedung ini terdapat River Mall, bangunan dengan konsep struktur tenda yang sangat besar. Jadi kalau kamu memiliki background Arsitek ataupun sipil, di Shanghai sangat banyak contoh-contoh bangunan dengan desain dan struktur yang sangat unik yang bisa dijadikan sebagai referensi. Salah satunya The River Mall ini.

Koridor Lantai Atas Mercedes Benz Arena
Maafkan Selfie Saya

The River Mall Shanghai
Interior River Mall

River Mall Dari Luar
Bergerak dari The River Mall, saya masih memiliki waktu kirang lebih 4 jam lagi sebelum keberangkatan kereta ke Guangzhou. Setelah searching di web saya memutuskan mengunjungi Pagoda dan Memorial park di daerah Longhua. Tidak begitu ramai sih, tapi bisalah untuk menghabikan waktu dari pada menunggu di stasiun. Di dekat memorial park ini ada Restoran milik uigur juga. Jadi saya menyempatkan mengisi perut dengan mie kuah yang sangat menggoda selera.

Longhua Pagoda

Memorial Park at Longhua
Saya berangkat dari Shanghai menuju Guangzhou tepat jam 4.55 sore dan sampai di Guangzhou keesokan harinya jam 8 pagi.

5 comments:

1. Aaah abis baca-bacain ceritanya dari Malaysia ke Kamboja ke Vietnam ke Chinaa! Abis China kemana lagi niih?
    Seru banget 20 hari perjalanannya. Tapi ngerencananyain perjalanannya banyakan go show yaa? Kayak beli tiket pesawat Hanoi-HCMC dan beli tiket kereta ke Beijing.
    Ditunggu cerita-cerita berikutnya :D

ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya rencanain sih cuma rute besarnya aja, sedangkan lamanya di suatu tempat tergantung enak apa enggaknya. Makanya semua tiketnya go show.

Delete
  2. Replies
    1. masalah bajet kurang pasti kemarin hitung berapa. yang pasti tidak lebih dari 15 juta sudah include semua akomodasi dan transportasi.....

Habis Bensin di Antah Berantah, Eksplore Bumi Laskar Pelangi

Danau Kaolin Di Belitung Hari ke-2 di Belitung saya berencana mengunjungi Danau Kaolin, dan paling jauh saya ingin mengunjungi Gantong. Ada ...